Operasi Bentuk Aljabar kelas 8
Operasi Bentuk Aljabar
Pada kelas 7 kita sudah tahu apa yang di sebut bentuk aljabar, apa yang namanya Koefisien, Variabel dan Konstanta. perkalian suatu bilangan dengan suku dua
Sekarang yang akan kita bahas adalah Operasi Bentuk Aljabar Kelas 8 di materi kelas 8 SMP/MTs dan lebih spesifik lagi yaitu mengenai penjumlahan sampai pecahan aljabar
Operasi Bentuk Aljabar kelas 8 |
Operasi bentuk aljabar meliputi :
A. Penjumlahan dan pengurangan suku-suku
B. Perkalian suku dua dengan suku dua
C. Pemfaktoran
D. Pecahan dalam bentuk aljabar
BACA JUGA PROGRAM KERJA WALI KELAS
BACA JUGA PERBANDINGAN RUAS GARIS
A. Penjumlahan dan pengurangan suku-suku
Untuk dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan pada suatu bentuk aljabar, maka suku-sukunya harus mempunyai bentuk yang sejenis. Jika suku-suu bentuk aljabar tersebut tidak sejenis, maka suku-suku tersebut tidak dapt di jumlahkan atau di kurangkan.
Contoh 1:
Tentukan hasil penjumlahan dari 5p + 4q + 8 dan 7p + 9q – 10
Jawab:
Suku yang sejenis adalah : 5p dengan 7p, 4q dengan 9q dan 8 dengan -10
Maka:
(5p + 4q +8) + (7p + 9q – 10) = 5p + 4q + 8 + 7p + 9q -10
= 5p + 7p + 4q + 9q + 8 – 10
= 12p + 13q – 2
Contoh 2:
Tentukan hasil pengurangan dari 8x2 – 6x dan 15x2 – 2x
Jawab:
Suku yang sejenis adalah : 8x2 dengan 15x2 dan -6x dengan -2x
Maka: (8x2 – 6x) – (15x2 – 2x) = 8x2 – 6x - 15x2 + 2x
= 8x2 – 15x2 – 6x + 2x
= -7x2 – 4x
B. Perkalian suku dua
Pada perkalian suku dua dapat dilakukan dengan sifat 3 cara
1. distributif
2. skema
3. persegi panjang
Contoh :
Tentukan hasil perkalian suku dua (3x – 5) (x + 7)
Jawab:
Distributif:
(3x – 5) (x + 7) = 3x(x + 7) – 5(x + 7)
= 3x2 + 21x – 5x – 35
= 3x2 + 16x – 35
C. Pemfaktoran
Beberapa macam bentuk pemfaktoran antara lain:
1. ax + ay → menjadi a (x + y)
2. x2 – 2xy + y2 → menjadi (x – y) (x – y)
3. x2 – y2 → menjadi (x + y) (x – y)
4. x2 + 10x + 21 → menjadi (x + 7) (x +3) dll.
Contoh: Faktorkanlah bentuk aljabar berikut
1. 4x + 6y
2. x2 + 6x + 9
3. x2 – 10x + 25
4. x2 – 25
Jawab: 1. 4x + 6y = 2 (2x + 3y)
2. x2 + 6x + 9 = (x + 3) (x + 3)
3. x2 – 10x + 25 = (x – 5) (x – 5)
4. x2 – 25 = x2 – 52
= (x + 5) (x – 5)
D. Pecahan Aljabar
Perlu diingat pada suatu pecahan, termasuk pecahan bentuk aljabar, penyebut dari pecahan tidak boleh nol (0).
Untukmelakuakan operasi penjuml;ahan dan pengurangan pecahan, jika penyebut dari masing-masing pecahan tidak sama, maka penyebut dari pecahan tersebut harus disamakan terlebih dahulu.
Berikut contoh dari operasi hitung pecahan aljabar .
Jawab:
1. Hasil dari (3x +4) (2x -5) adalah ....
a. 6x2 – x – 20
b. 6x2 – 7x – 20
c. 6x2 + 7x – 20
d. 6x2 – 15x – 20
Pembahasan : (3x + 4) (2x – 5) = 3x .(2x – 5) + 4. (2x – 5)
= 6x2 – 15x + 8x – 20
= 6x2 – 7x – 20
Kunci : A
Uji Kompetensi
1. Hasil dari (5x + 3)(2x – 6) adalah ....
a. 10x2 + 36x – 18 c. 10x2 – 24x – 18
b. 10x2 – 24x + 18 d. 10x2 + 24x – 18
2. Hasil dari (3x – 4)(2x + 5) adalah ....
a. 6x2 – 7x – 20 c. 6x2 – x – 20
b. 6x2 + 7x – 20 d. 6x2 + x – 20
5. Hasil dari (3x + 4)(2x – 5) adalah ....
a. 6x2 – x – 20 c. 6x2 + 7x – 20
b. 6x2 – 7x – 20 d. 6x2 – 15x - 20
7. Hasil dari (2x – 4)(3x +5) = ....
a. 6x2 – 2x -20 c. 6x2 + 2x – 20
b. 6x2 – 14x – 20 d. 6x2 + 14x - 20
8. Pemfaktoran dari 16x4 – 625y4 adalah ....
a. (4x2 – 25y2) (2x + 5y) (2x - 5y) c. (4x2 + 25y2) (2x + 5y) (2x – 5y)
b. (4x2 – 25y2) (2x + 5y) (2x + 5y) d. (4x2 + 25y2) (2x - 5y) (2x - 5y)
9. Pemfaktoran dari 16x4 – 81y4 adalah ....
a. (4x2 – 9y2) (2x + 3y) ( 2x – 3y)
b. (4x2 – 9y2) (2x + 3y) ( 2x + 3y)
c. (4x2 + 9y2) (2x + 3y) ( 2x – 3y)
d. (4x2 + 9y2) (2x - 3y) ( 2x – 3y)
10. Hasil dari 4x2 – 25y2 adalah ....
a. (x – 5y) (4x -5y) c. (2x – 5y) (2x – 5y)
b. (x – 5y) (4x + 5y) d. (2x – 5y) (2x + 5y
Siiiip
ReplyDelete