Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs- Part 1
KESEBANGUNAN
1. Syarat – Syarat Dua Bangun Yang Sebangun
Dalam kehidupan sehari – hari kita sering melihat benda-benda atau bangun – bangun dengabentuk yang sama tetapi memiliki ukuran berbeda.contoh- contoh tersebut merupakan benuk kesebangunan dan kekongruenan. Perhatikan contoh berikut
|
|
Bangun –
bangun pada contoh gambar diatas memiliki bentuk yang sama tetapi ukuranya
berbeda. Bangun bangun tersebut dapat dikatakan sebangun jika memenuhi syarat
kesebangunan.
Dua bangun dikatakan sebangun jika memenuhi syarat sebagi berikut: 1) Sudut – sudut yang
bersesuaian sama besar. 2) Sisi – sisi yang
bersesuaian memiliki perbandingan yang sama. |
Perhatikan gambar diatas! Apakah bangun ABCD dan KLMN
sebangun?
Penyelesaian:
Bangun diatas dapat dikatakan sebangun jika memenuhi
syarat kesebangunan
1. Sudut – sudut yang bersesuaian sama besar
<A bersesuaian dengan <K, <A = <K = 900
<B bersesuaian dengan <L, <B = <L = 900
<C bersesuaian dengan <M, <C = <M = 900
<D bersesuaian dengan <N, <D = <N = 900
Syarat pertama terpenuhi
2. Sisi-sisi yang bersesuaian perbandingannya sama
Syarat kedua terpenuhi.
Karena syarat 1) dan 2) terpenuhi maka bangun ABCD dan
KLMN dikatakan sebangun
Latihan soal 3.1
2. Perhatikan gambar dibawah ini !
3. Perhatikan gambar dibawah ini !
Selidikilah
apakah kedua bangun segitiga diatas sebangun?
4. Perhatikan gambar dibawah ini !
Segiempat ABCD dan segiempat RSTU gambar di bawah sebangun. Tentukan x, y, dan z.
5. Segiempat RSTV sebangun dengan segiempat LMNO. Panjang sisi-sisi
dari RSTV berturut-turut 6 cm, 10 cm, 12 cm dan 14 cm. Panjang sisi terpendek
dari LMNO adalah 9 cm.
a. Tentukan faktor skala (perbandingan panjang
sisi-sisi yang sesuai) dari RSTV ke LMNO.
b. Hitunglah panjang sisi yang lain pada segiempat LMNO.
c. Hitunglah keliling LMNO.
d. Hitunglah perbandingan keliling
RSTV dan LMNO
2. Segitiga Yang Sebangun
Masih ingatkah
dengan syarat – syarat dua bangun dikatakan sebangun? Syarat dua bangun sebangun yaitu sebagai
berikut:
1.
Sudut- sudut yang bersesuaian sama besar, dan
2.
Sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama
Sedangkan untuk syarat dua bangun dikatakan sebangun
adalah jika memenuhi salah satu ketentuan syarat dua bangun dikatakan sebangun
Contoh soal:
1.
Diketahui dua buah segitiga ABC dan segitiga PQR dengan panjang sisi-sisnya
, yaitu: AB = 2 cm, BC = 3 cm, AC = 4 cm, PQ = 8 cm, QR = 4cm, dan PQ = 6 cm.
Tentukan apakah kedua segitiga terebut sebangun?
Penyelesaian:
Karena sisi-sisi yang bersesuaian memliki
perbandingan yang sama, maka kedua segitiga tersebut dikatakan sebangun.
2. Diketahui
segitiga DEF dan Segitiga PQR dengan, <D = 1170, <E = 130,
<Q = 500, dan <R = 1170. Tentuka :
a. Apakah
kedua segitiga tersebut sebangun?
b. Tulislah
pasangan sisi yang mempuna perbadingan yang sama.
Penyelesaian:
a. Pada
▲DEF , sudut yang belum diketahui adalah <F= 500, sedangakan pada
▲PQR, sudut yang belum diketahui adalah <P= 130.
Maka: <D
= <R = 1170
<E
= <P = 130
<F = <Q = 500
Karena sudut-sudut yang bersesuaian sama besar, maka dua segitiga tersebut sebangun.
b. Tuliskan perbandingan sisinya
JIka Segituganya kita gambar sebagai berikut
Latihan soal 3.2
Segiempat ABCD dan segiempat RSTU gambar di bawah sebangun.
Tentukan x, y, dan z.
3. Segiempat RSTV sebangun dengan segiempat LMNO. Panjang sisi-sisi
dari RSTV berturut-turut 6 cm, 10 cm, 12 cm dan 14 cm. Panjang sisi terpendek
dari LMNO adalah 9 cm.
a. Tentukan faktor skala
(perbandingan panjang sisi-sisi yang sesuai) dari RSTV ke LMNO.
b. Hitunglah panjang sisi yang lain pada segiempat LMNO.
c. Hitunglah keliling LMNO.
d. Hitunglah perbandingan keliling
RSTV dan LMNO
Terima kasih pak sudah memberikan materi🙏☺️Insyallah saya akan memahami semua materi yang bapak kasih agar mendapatkan nilai yang memuaskan🙏☺️
ReplyDeleteBelajar trs yg semangat
DeleteTerima kasih pak sudah memberikan materi, InsyaAllah saya akan memahaminya dengan benar²🤗
ReplyDeleteMatur suwun pa
ReplyDeleteMatur suwun pa
ReplyDeleteSemangat
DeleteMaaf Pak tapi saya kurang paham pak kalau ngga diterangkan
ReplyDeleteNanti di terangkan
Deleteassalamualaikum wr. wb.
ReplyDeleteselamat malam pa mul.. semoga selalau sehat nggih..
untuk materi yang bapa beri hari ini alhamdulillah faham meski agak bingung hehee..
namun saran nya Farida, SOAL CONTOH dikasih angka ganjil ou paa.. biar misal kalau ada soal ulangan yang bilangan nya ganjil bisa menjawab..
hanya itu saja pa dari Farida..
sekian terima kasih
Sama2, semangat belajar?
DeleteS4mangat semuanya
ReplyDelete
ReplyDeletetapi biar lebih jelas di terangkan pak
matur suwun pak
Matur suwun ngih pa
ReplyDeletematur suwun pak materinya,
ReplyDelete-A.luthfi
Terimakasih untuk materinya pak,insya allah saya akan mempelajarinya dengan baik dan benar��
ReplyDelete:Anis Alyani
Terimakasih pak untuk materinya🙏
ReplyDeleteTerima kasih pa atas materinya
ReplyDeleteTerima kasih atas materinya pak
ReplyDeleteAssalamu'alaikum
ReplyDeleteTerimakasih pak atas materinya��
Smg sy bisa memahami materinya