Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs- Part 1

KESEBANGUNAN

1.      Syarat – Syarat Dua Bangun Yang Sebangun

        Dalam kehidupan sehari – hari kita sering melihat benda-benda atau bangun – bangun  dengabentuk yang sama tetapi memiliki ukuran berbeda.contoh- contoh tersebut merupakan benuk kesebangunan dan kekongruenan. Perhatikan contoh berikut













     

 








Bangun – bangun pada contoh gambar diatas memiliki bentuk yang sama tetapi ukuranya berbeda. Bangun bangun tersebut dapat dikatakan sebangun jika memenuhi syarat kesebangunan.

        

             Dua bangun dikatakan sebangun jika memenuhi syarat sebagi berikut:

            1)      Sudut – sudut yang bersesuaian  sama besar.

            2)      Sisi – sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama.

 


Contoh soal:

 


Perhatikan gambar diatas! Apakah bangun ABCD dan KLMN sebangun?

Penyelesaian:

Bangun diatas dapat dikatakan sebangun jika memenuhi syarat kesebangunan

1.  Sudut – sudut yang bersesuaian sama besar


    <A bersesuaian dengan <K, <A = <K = 900

<B bersesuaian dengan <L, <B = <L = 900

<C bersesuaian dengan <M, <C = <M = 900

<D bersesuaian dengan <N, <D = <N = 900

Syarat pertama terpenuhi


            2. Sisi-sisi yang bersesuaian perbandingannya sama

  

Syarat kedua terpenuhi.


Karena syarat 1) dan 2) terpenuhi maka bangun ABCD dan KLMN dikatakan sebangun



Latihan soal 3.1

1.  Diketahui bangun persegipanjang ABCD dan KLMN, panjang AB = 3 cm, BC = 2 cm, KL = 4 cm dan LM = 2 cm. Tentukan apakah kedua bangun tersebut sebangun?

               2. Perhatikan gambar dibawah ini !



    

Kesebangunan  dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs
                    
                        Jika persegipanjang ABCD dan PQRS sebangun , hitunglah panjang QR?
            

                3. Perhatikan gambar dibawah ini !



Kesebangunan  dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs


Selidikilah apakah kedua bangun segitiga diatas sebangun?


                4. Perhatikan gambar dibawah ini !



Kesebangunan  dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs


                    Segiempat ABCD dan segiempat RSTU gambar di bawah sebangun. Tentukan x, y, dan z.


5.  Segiempat RSTV sebangun dengan segiempat LMNO. Panjang sisi-sisi dari RSTV berturut-turut 6 cm, 10 cm, 12 cm dan 14 cm. Panjang sisi terpendek dari LMNO adalah 9 cm.

a.  Tentukan faktor skala (perbandingan panjang sisi-sisi yang sesuai) dari RSTV ke LMNO.

b.  Hitunglah panjang sisi yang lain pada segiempat LMNO.

c. Hitunglah keliling LMNO.

d. Hitunglah perbandingan keliling RSTV dan LMNO

 

2.      Segitiga Yang Sebangun

Masih ingatkah dengan syarat – syarat dua bangun dikatakan sebangun?  Syarat dua bangun sebangun yaitu sebagai berikut:

1.      Sudut- sudut yang bersesuaian sama besar, dan

2.      Sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama

Sedangkan untuk syarat dua bangun dikatakan sebangun adalah jika memenuhi salah satu ketentuan syarat dua bangun dikatakan sebangun

Contoh soal:

1.      Diketahui dua buah segitiga ABC dan segitiga PQR dengan panjang sisi-sisnya , yaitu: AB = 2 cm, BC = 3 cm, AC = 4 cm, PQ = 8 cm, QR = 4cm, dan PQ = 6 cm. Tentukan apakah kedua segitiga terebut sebangun?

Penyelesaian:

 


   

Karena sisi-sisi yang bersesuaian memliki perbandingan yang sama, maka kedua segitiga tersebut dikatakan sebangun.


2.      Diketahui segitiga DEF dan Segitiga PQR dengan, <D = 1170, <E = 130, <Q = 500, dan <R = 1170. Tentuka :

a.       Apakah kedua segitiga tersebut sebangun?

b.      Tulislah pasangan sisi yang mempuna perbadingan yang sama.

Penyelesaian:

a.       Pada ▲DEF , sudut yang belum diketahui adalah <F= 500, sedangakan pada ▲PQR, sudut yang belum diketahui adalah <P= 130.

Maka:            <D = <R = 1170

<E = <P = 130

                             <F = <Q = 500

Karena  sudut-sudut yang bersesuaian sama  besar, maka dua segitiga tersebut sebangun.

b.      Tuliskan perbandingan sisinya   

        JIka Segituganya kita gambar sebagai berikut

        Kesebangunan  dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs







Kesebangunan  dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs





 

Latihan soal 3.2

1.    Diketahui bangun persegipanjang ABCD dan KLMN, panjang AB = 3 cm, BC = 2 cm, KL = 4 cm dan LM = 2 cm. Tentukan apakah kedua bangun tersebut sebangun?

2    perhatikan gambar di bawah !

Kesebangunan  dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs

Segiempat ABCD dan segiempat RSTU gambar di bawah sebangun. Tentukan x, y, dan z.

 

3.    Segiempat RSTV sebangun dengan segiempat LMNO. Panjang sisi-sisi dari RSTV berturut-turut 6 cm, 10 cm, 12 cm dan 14 cm. Panjang sisi terpendek dari LMNO adalah 9 cm.

a. Tentukan faktor skala (perbandingan panjang sisi-sisi yang sesuai) dari RSTV ke LMNO.

b.  Hitunglah panjang sisi yang lain pada segiempat LMNO.

c. Hitunglah keliling LMNO.

d. Hitunglah perbandingan keliling RSTV dan LMNO

19 Responses to "Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9 SMP/MTs- Part 1"

  1. Terima kasih pak sudah memberikan materi🙏☺️Insyallah saya akan memahami semua materi yang bapak kasih agar mendapatkan nilai yang memuaskan🙏☺️

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak sudah memberikan materi, InsyaAllah saya akan memahaminya dengan benar²🤗

    ReplyDelete
  3. Maaf Pak tapi saya kurang paham pak kalau ngga diterangkan

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum wr. wb.
    selamat malam pa mul.. semoga selalau sehat nggih..
    untuk materi yang bapa beri hari ini alhamdulillah faham meski agak bingung hehee..
    namun saran nya Farida, SOAL CONTOH dikasih angka ganjil ou paa.. biar misal kalau ada soal ulangan yang bilangan nya ganjil bisa menjawab..
    hanya itu saja pa dari Farida..
    sekian terima kasih

    ReplyDelete

  5. tapi biar lebih jelas di terangkan pak
    matur suwun pak

    ReplyDelete
  6. matur suwun pak materinya,
    -A.luthfi

    ReplyDelete
  7. Terimakasih untuk materinya pak,insya allah saya akan mempelajarinya dengan baik dan benar��
    :Anis Alyani

    ReplyDelete
  8. Terimakasih pak untuk materinya🙏

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum
    Terimakasih pak atas materinya��
    Smg sy bisa memahami materinya

    ReplyDelete
silahkan berikan komentar yang membangun dengan kata-kata yang baik dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel