contoh Instrumen Verifikasi /Validasi Dokumen Kurikulum
INSTRUMEN VERIFIKASI/VALIDASI
DOKUMEN KURIKULUM
MADRASAH
Nama Madrasah :
Nama Kepala Madrasah :
Alamat Madrasah :
Kabupaten/Kota : Tegal
Tanggal Validasi :
Petugas Validasi :
Jabatan Petugas Validasi : Pengawas MTs. Kantor
Kemenag Kab. Tegal
DOKUMEN I
NO |
KOMPONEN DAN INDIKATOR |
ada |
tdk |
PENILAIAN |
||||
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
COVER/HALAMAN JUDUL |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Logo Sekolah dan atau daerah |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Judul |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
TahunPelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
AlamatSekolah |
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENGESAHAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Rumusan Kalimat Pengesahan |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Tanda Tangan Kepala Sekolah dan Stempel/Cap Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Tanda Tangan Ketua Komite Sekolah dan Stempel/Cap Komite Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Tempat untuk Tanda Tangan Kepala/ Pejabat Seksi Madrasah an. Kepala Kemenag Kab/Kota |
|
|
|
|
|
|
|
KATA
PENGANTAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR ISI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesesuaian Halaman |
|
|
|
|
|
|
|
I.
PENDAHULUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
A |
LATAR BELAKANG MEMUAT: |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Kondisi Ideal |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Kondisi Nyata |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Potensi dan Karakteristik Satuan Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
B |
LANDASAN HUKUM; MENCANTUMKAN DASAR
HUKUM YANG RELEVAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor
41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496) sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan ke dua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 45, Tambahan
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan
Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010
Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105) sebagaimana
telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan
Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Presiden Nomor
7 Tahun 2015 tentang Organisasi Kementerian Agama (Lembaran Negara Republik
Indonesia Tahun 2015 Nomor 8); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Presiden Nomor
83 Tahun 2015 tentang Kementerian Agama (Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2015 Nomor 168); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Keputusan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 125/U/2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah
Belajar Efektif di Sekolah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan
Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah (Berita Negara Republik Indonesia Nomor 1382) sebagaimana
telah diubah dengan Peraturan Menteri
Agama Nomor 60 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan
Pendidikan Madrasah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1733); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (Pedoman Pengembangan Kurikulum); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan
Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan sebagai
Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang tentang Pembelajaran pada
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum
2006 dan Kurikulum 2013; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Keputusan Menteri Agama
Nomor 117 Tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Keputusan Menteri Agama
Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan
Sekolah Bagi Siswa Baru (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor
839); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi
Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan
Dasar dan Menengah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
Pendidikan; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan
Pendidikan Menengah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri Agama
Nomor 42 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera
di Sekolah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Keputusan Bersama Menteri
Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 617 Tahun 2018, Nomor 262 Tahun 2018, Nomor 16
Tahun 2018 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra dan
Aksara Jawa (Lembaran Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012 Nomor 9 Tambahan
Lembaran Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 45); |
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peraturan Gubernur
Jawa Tengah Nomor 57 Tahun tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi
Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5162 Tahun
2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah
Tsanawiyah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Keputusan Dirjen
Pendidikan Islam Nomor 5163 Tahun 2018 tentang Pengembangan Pembelajaran pada
Madrasah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Keputusan Dirjen
Pendidikan Islam Nomor 5164 Tahun 2018 tentang Penyusunan RPP pada Madrasah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Keputusan Dirjen
Pendidikan Islam Nomor 3063 Tahun 2019 tentang Kalender Pendidikan Madrasah
Tahun Pelajaran 2019/2020; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Keputusan Kepala Kanwil
Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor 1956 Tahun 2019 tentang Kalender
Pendidikan Madrasah Tahun 2019/2020; |
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Surat Kepala Kantor Kementerian
Agama Kabupaten Tegal Nomor 33/3/Kk.11.28/2/ Pp.00.2/07/2019 tanggal 1 Juli
2019 tentang Pengesahan Dokumen KTSP (MTs, MI dan RA); |
|
|
|
|
|
|
|
C |
TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Mencapai
Misi Madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Mutu
Lulusan |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Pedoman
Bagi Guru dalam Mengembangkan Silabus dan RPP |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Pedoman pelaksanaan proses penilaian peserta didik di
madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Evaluasi dan Program tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
D |
PRINSIP PENGEMBANGAN KTSP |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta
didik dan lingkungannya. |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Beragam dan Terpadu |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Relevan dengan Kebutuhan
Kehidupan |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Menyeluruh dan
Berkesinambungan |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Belajar sepanjang hayat |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan
daerah |
|
|
|
|
|
|
|
E |
KARAKTER NILAI-NILAI YANG
DIKEMBANGAN |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Kebutuhan Kompetensi Masa
Depan |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai
dengan tingkat
perkembangan dan kemampuan peserta didik |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Tuntutan pembangunan daerah dan nasional |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Tuntutan Dunia Kerja |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
(IPTEKS) |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Agama |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Dinamika perkembangan global |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan |
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Kondisi Sosial Budaya
Masyarakat Setempat |
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Kesetaraan Jender |
|
|
|
|
|
|
|
13 |
Karakteristik Satuan Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
II |
TUJUAN PENDIDIKAN, VISI, MISI
DAN TUJUAN MADRASAH |
|
|
|
|
|
|
|
A |
TUJUAN PENDIDIKAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
Menjelaskan
Tujuan Pendidikan Nasional |
|
|
|
|
|
|
|
B |
VISI MADRASAH |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Ringkas dan mudah
dipahami |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Mengacu pada tujuan pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan
pengetajuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Mengacu tuntutan SKL Satuan Pendidikan, sebagaimana tercantum pada Permendikbud No. 54 Tahun 2013 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Mengacu tuntutan SKL
dan KI yang mencakup tiga domain Sikap, Pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan Permendikbud No. 54 Tahun 2013. |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Berorientasi pada potensi, minat, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan
peserta didik |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Berorientasi pada kepentingan daerah, nasional dan global. |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta memperhatikan lingkungan sosial dalam rangka
menumbuhkan peduli lingkungan. |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Memberi inspirasi dan
tantangan dalam meningkatkan prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai
keunggulan |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Mendorong semangat dan
komitmen seluruh warga satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses
dan hasil pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
C |
MISI MADRASAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
Menjabarkan pencapaian
visi dalam bentuk pernyataan yang
terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup: seluruh indikator visi |
|
|
|
|
|
|
|
D |
TUJUAN MADRASAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
Menjabarkan pencapaian
misi dalam bentuk pernyataan yang
terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup seluruh indikator misi |
|
|
|
|
|
|
|
III. |
STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN |
|
|
|
|
|
|
|
A |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (Kur 13) |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Standar Kompetensi Lulusan pada
Dimensi Sikap |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Standar Kompetensi Lulusan pada
Dimensi Pengetahuan |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Standar Kompetensi Lulusan pada
Dimensi Ketrampilan |
|
|
|
|
|
|
|
B |
STRUKTUR KURIKULUM |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Daftar mata pelajaran Wajib
A, Wajib B |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Daftar mata pelajaran
dan muatan lokal sesuai dengan
Permendikbud No. 21 Tahun 2016, tentang Standar Isi SatuanPendidikanDasardanMenengahdan Permendikbud No. 79 Tahun 2014,
tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013 untuk kelas VII, VIII, dan IX |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Pengaturan alokasi
waktu per mata pelajaran disesuaikan struktur kurikulum, minat dan kebutuhan
peserta didik dan sekolah dengan
jumlah waktu minimal 46 jam pelajaran per minggu untuk Kurikulum 2013 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Pengaturan alokasi
waktu per mata pelajaran disesuaikan dengan standar isi, kebutuhan peserta
didik dan sekolah dengan total waktu 46
- 48 Jam per minggu untuk Struktur Kurikulum 2013 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Pengaturan alokasi
waktu per mata pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan
sekolah dengan memanfaatkan tambahan 5
Jam per minggu pada Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran, Bahasa Daerah dua
jam, Bimbingan dan Konseling dua jam, dan Bimbingan TIK satu jam |
|
|
|
|
|
|
|
C |
MUATAN KURIKULUM |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
KOMPONEN MATA PELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
KOMPONEN MUATAN LOKAL,
mencantumkan: |
|
|
|
|
|
|
|
2.1 |
Jenis dan strategi
pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan daerah |
|
|
|
|
|
|
|
2.2 |
Jenis dan strategi
pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta
didik dan karakteristik sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
2.3 |
Daftar SK dan KD Muatan lokal yang
dikembangkan oleh sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI, mencantumkan: |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Uraian tentang jenis
dan strategi pelaksanaan program layanan konseling dan atau layanan
akademik/belajar, sosial dan pengembangan karier peserta didik |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Uraian tentang jenis
dan strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta
didik |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Kegiatan Pramuka
sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib diberlakukan untuk Kurikulum 2013 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
PENGATURAN BEBAN BELAJAR,
mencantumkan: |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Uraian tentang rasionalisasi
pemanfaatan tambahan 2 (empat) jam pelajaran per minggu untuk Kurikulum 2013 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Uraian tentang
pengaturan alokasi waktu pembelajaran per jam tatap muka, jumlah jam pelajaran per minggu, jumlah
minggu efektif per tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Uraian tentang
pemanfaatan 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka pada mata
pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur (KMTT) |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
KETUNTASAN BELAJAR,mencantumkan: |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Daftar kriteria ketuntasan minimal
(KKM) untuk semua mata pelajaran pada setiap tingkatan kelas |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Uraian tentang mekanisme dan prosedur penentuan KKM |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Uraian tentang upaya sekolah dalam meningkatkan KKM untuk mencapai
KKM ideal (100%) |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
KRITERIA KENAIKAN KELAS
mencantumkan: |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Kriteria kenaikan
kelas sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan mempertimbangkan ketentuan yang berlaku |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Uraian tentang
pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa (ulangan harian, ulangan tengah
semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas), sesuai
denganketentuan yang diatur dalam Standar Penilaian Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Uraian tentang mekanisme dan prosedur
pelaporan hasil belajar peserta didik |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Uraian tentang pelaksanaan program remedial
dan pengayaan |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
KRITERIA KELULUSAN,
mencantumkan: |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Kriteria kelulusan berdasar
pada ketentuan PP nomor
32 tahun 2013 pasal 72 ayat 2 dan Permendikbud No. 3Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil
Belajaroleh Pemerintahdan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan pasal
18 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Target kelulusan yang akandicapaiolehsekolah |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Uraian tentang program-program sekolah
dalam meningkatkan kualitas lulusan |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Uraian tentang program pasca ujian nacional sebagai antisipasi bagi peserta didik yang belum lulus ujian |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP, mencantumkan: |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Uraian tentang penerapan pendidikan kecakapan hidup |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN
LOKAL DAN GLOBAL |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Uraian tentang penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Uraian tentang upaya sekolah menuju
pendidikan berwawasan global |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
NILAI-NILAI
KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN MADARASAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kraetif, Mandiri,
Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah AAir,
Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca,
Peduli lingkungan, Peduli Sosial dan Tanggung Jawab. |
|
|
|
|
|
|
|
IV |
KALENDER PENDIDIKAN, Mencantumkan: |
|
|
|
|
|
|
|
A |
Jam Efektif dan Pengaturan
tentang permulaan tahun pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
B |
Jumlah minggu efektif belajar satu tahun
pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
C |
Kegiatan Madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
D |
Kalender Pendidikan Madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
V |
PENUTUP |
|
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
SK Kriteria Ketuntasan Minimal |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
SK Kriteria Kenaikan Kelas |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
SK Kriteria Kelulusan |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
SK Kalender Pendidikan Madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
SK Mutasi Siswa |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
SK Pembagian Tugas Guru dalm Kegiatan Pembelajaran, Bimbingan dan
Ekstrakurikuler |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
SK Pemberlakuan Kurikulum Madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
Catatan/Komentar Umum :
1. .............................................................................................................................................
2. .............................................................................................................................................
Tegal, Juli 2019
Pengawas Madrasah,
Validator,
Kepala Madrasah,
-------------------------------------- ------------------------------
NIP.
–
Great article with excellent idea!Thank you for such a valuable article. I really appreciate for this great information.. yurtdışında üniversite okumak
ReplyDeleteThanks Amelia for your appreaciation
Delete