contoh Instrumen Verifikasi /Validasi Dokumen Kurikulum

 

INSTRUMEN VERIFIKASI/VALIDASI

DOKUMEN KURIKULUM MADRASAH

Nama Madrasah                   :      

Nama Kepala Madrasah             :          

 Alamat Madrasah                  :     

Kabupaten/Kota                    :       Tegal

Tanggal Validasi                  :      

Petugas Validasi                  :      

Jabatan Petugas Validasi   :       Pengawas MTs. Kantor Kemenag Kab. Tegal

 

DOKUMEN I

NO

KOMPONEN DAN INDIKATOR

ada

tdk

PENILAIAN

0

1

2

3

4

COVER/HALAMAN JUDUL

 

 

 

 

 

 

 

1

Logo Sekolah dan atau daerah

 

 

 

 

 

 

 

2

Judul

 

 

 

 

 

 

 

3

TahunPelajaran

 

 

 

 

 

 

 

4

AlamatSekolah

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

 

 

 

 

1

Rumusan Kalimat Pengesahan

 

 

 

 

 

 

 

2

Tanda Tangan Kepala Sekolah  dan Stempel/Cap Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

3

Tanda Tangan Ketua Komite Sekolah dan Stempel/Cap Komite Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

4

Tempat untuk Tanda Tangan Kepala/ Pejabat Seksi Madrasah an. Kepala Kemenag Kab/Kota

 

 

 

 

 

 

 

    KATA PENGANTAR

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesesuaian Halaman

 

 

 

 

 

 

 

I.    PENDAHULUAN

 

 

 

 

 

 

 

A

LATAR BELAKANG MEMUAT:

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Kondisi Ideal

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Kondisi Nyata

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Potensi dan Karakteristik Satuan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

B

LANDASAN HUKUM; MENCANTUMKAN DASAR HUKUM YANG RELEVAN

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496) sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan ke dua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi Kementerian Agama (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 8);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2015 tentang Kementerian Agama (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 168);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 125/U/2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Belajar Efektif di Sekolah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah (Berita Negara Republik Indonesia Nomor 1382) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 60 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1733);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Pedoman Pengembangan Kurikulum);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Menteri Agama Nomor 117 Tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 839);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 617 Tahun 2018, Nomor 262 Tahun 2018, Nomor 16 Tahun 2018 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor  9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa (Lembaran Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012 Nomor 9 Tambahan Lembaran Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 45);

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5162 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5163 Tahun 2018 tentang Pengembangan Pembelajaran pada Madrasah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5164 Tahun 2018 tentang Penyusunan RPP pada Madrasah;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3063 Tahun 2019 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Keputusan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor 1956 Tahun 2019 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun 2019/2020;

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Surat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Nomor 33/3/Kk.11.28/2/ Pp.00.2/07/2019 tanggal 1 Juli 2019 tentang Pengesahan Dokumen KTSP (MTs, MI dan RA);

 

 

 

 

 

 

 

C

TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

 

 

 

 

 

 

 

1

Mencapai Misi Madrasah

 

 

 

 

 

 

 

2

Mutu Lulusan

 

 

 

 

 

 

 

3

Pedoman Bagi Guru dalam Mengembangkan Silabus dan RPP

 

 

 

 

 

 

 

4

Pedoman pelaksanaan proses penilaian peserta didik di madrasah

 

 

 

 

 

 

 

5

Evaluasi dan Program tindak lanjut

 

 

 

 

 

 

 

D

PRINSIP PENGEMBANGAN KTSP

 

 

 

 

 

 

 

1

Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

 

 

 

 

 

 

 

2

Beragam dan Terpadu

 

 

 

 

 

 

 

3

Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

 

 

 

 

 

 

 

4

Relevan dengan Kebutuhan Kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

5

Menyeluruh dan Berkesinambungan

 

 

 

 

 

 

 

6

Belajar sepanjang hayat

 

 

 

 

 

 

 

7

Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

 

 

 

 

 

 

 

E

KARAKTER NILAI-NILAI YANG DIKEMBANGAN

 

 

 

 

 

 

 

1

Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia

 

 

 

 

 

 

 

2

Kebutuhan Kompetensi Masa Depan

 

 

 

 

 

 

 

3

Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

4

Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan

 

 

 

 

 

 

 

5

Tuntutan pembangunan daerah dan nasional

 

 

 

 

 

 

 

6

Tuntutan Dunia Kerja

 

 

 

 

 

 

 

7

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS)

 

 

 

 

 

 

 

8

Agama

 

 

 

 

 

 

 

9

Dinamika perkembangan global

 

 

 

 

 

 

 

10

Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan

 

 

 

 

 

 

 

11

Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Setempat

 

 

 

 

 

 

 

12

Kesetaraan Jender

 

 

 

 

 

 

 

13

Karakteristik Satuan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

II

TUJUAN PENDIDIKAN, VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

 

 

 

 

 

 

 

A

TUJUAN PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan Tujuan Pendidikan Nasional

 

 

 

 

 

 

 

B

VISI MADRASAH

 

 

 

 

 

 

 

1

Ringkas dan mudah dipahami

 

 

 

 

 

 

 

2

Mengacu pada tujuan pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan pengetajuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut

 

 

 

 

 

 

 

3

Mengacu tuntutan SKL Satuan Pendidikan, sebagaimana tercantum pada Permendikbud No. 54 Tahun 2013

 

 

 

 

 

 

 

4

Mengacu tuntutan SKL dan KI yang mencakup tiga domain Sikap, Pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan Permendikbud No. 54 Tahun 2013.

 

 

 

 

 

 

 

5

Berorientasi pada potensi, minat, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

6

Berorientasi pada kepentingan daerah, nasional dan global.

 

 

 

 

 

 

 

7

Berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta memperhatikan lingkungan sosial dalam rangka menumbuhkan peduli lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

8

Memberi inspirasi dan tantangan dalam meningkatkan prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan

 

 

 

 

 

 

 

9

Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

C

MISI MADRASAH

 

 

 

 

 

 

 

 

Menjabarkan pencapaian visi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup: seluruh indikator visi

 

 

 

 

 

 

 

D

TUJUAN MADRASAH

 

 

 

 

 

 

 

 

Menjabarkan pencapaian misi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup seluruh indikator misi

 

 

 

 

 

 

 

III.

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

 

 

A

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (Kur 13)

 

 

 

 

 

 

 

1

Standar Kompetensi Lulusan  pada Dimensi Sikap

 

 

 

 

 

 

 

2

Standar Kompetensi Lulusan  pada Dimensi Pengetahuan

 

 

 

 

 

 

 

3

Standar Kompetensi Lulusan  pada Dimensi Ketrampilan

 

 

 

 

 

 

 

B

STRUKTUR KURIKULUM

 

 

 

 

 

 

 

1

Daftar mata pelajaran Wajib A, Wajib B

 

 

 

 

 

 

 

2

Daftar mata pelajaran dan muatan lokal  sesuai dengan Permendikbud No. 21 Tahun 2016, tentang Standar Isi SatuanPendidikanDasardanMenengahdan Permendikbud No. 79 Tahun 2014, tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013 untuk kelas VII, VIII, dan IX

 

 

 

 

 

 

 

3

Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran disesuaikan struktur kurikulum, minat dan kebutuhan peserta didik dan sekolah  dengan jumlah waktu minimal 46 jam pelajaran per minggu untuk Kurikulum 2013

 

 

 

 

 

 

 

4

Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran disesuaikan dengan standar isi, kebutuhan peserta didik dan sekolah  dengan total waktu 46 - 48 Jam per minggu untuk Struktur Kurikulum 2013

 

 

 

 

 

 

 

5

Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah dengan  memanfaatkan tambahan 5 Jam per minggu pada Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran, Bahasa Daerah dua jam, Bimbingan dan Konseling dua jam, dan Bimbingan TIK satu jam

 

 

 

 

 

 

 

C

MUATAN KURIKULUM

 

 

 

 

 

 

 

1

KOMPONEN MATA PELAJARAN

 

 

 

 

 

 

 

2

KOMPONEN  MUATAN LOKAL, mencantumkan:

 

 

 

 

 

 

 

2.1

Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan daerah

 

 

 

 

 

 

 

2.2

Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik sekolah

 

 

 

 

 

 

 

2.3

Daftar SK dan KD Muatan lokal  yang dikembangkan oleh sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 3

KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI, mencantumkan:

 

 

 

 

 

 

 

1

Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program layanan konseling dan atau layanan akademik/belajar, sosial dan pengembangan karier peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

2

Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

3

Kegiatan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib diberlakukan untuk Kurikulum 2013

 

 

 

 

 

 

 

 4

PENGATURAN BEBAN BELAJAR, mencantumkan:

 

 

 

 

 

 

 

1

Uraian tentang rasionalisasi pemanfaatan tambahan  2 (empat) jam pelajaran per minggu untuk Kurikulum 2013

 

 

 

 

 

 

 

2

Uraian tentang pengaturan alokasi waktu pembelajaran per jam tatap muka,  jumlah jam pelajaran per minggu, jumlah minggu efektif per tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun

 

 

 

 

 

 

 

3

Uraian tentang pemanfaatan 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka pada mata pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT)

 

 

 

 

 

 

 

5

KETUNTASAN BELAJAR,mencantumkan:

 

 

 

 

 

 

 

1

Daftar kriteria ketuntasan minimal  (KKM) untuk semua mata pelajaran pada setiap tingkatan kelas

 

 

 

 

 

 

 

2

Uraian tentang mekanisme dan prosedur penentuan KKM

 

 

 

 

 

 

 

3

Uraian tentang upaya sekolah dalam meningkatkan KKM untuk mencapai KKM ideal (100%)

 

 

 

 

 

 

 

6

KRITERIA KENAIKAN KELAS mencantumkan:

 

 

 

 

 

 

 

1

Kriteria kenaikan kelas sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan mempertimbangkan ketentuan yang berlaku

 

 

 

 

 

 

 

2

Uraian tentang pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas), sesuai denganketentuan yang diatur dalam Standar Penilaian Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

3

Uraian tentang mekanisme dan prosedur pelaporan hasil belajar peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

4

Uraian tentang pelaksanaan program remedial dan pengayaan

 

 

 

 

 

 

 

7

KRITERIA KELULUSAN, mencantumkan:

 

 

 

 

 

 

 

1

Kriteria kelulusan berdasar pada ketentuan PP nomor 32 tahun 2013 pasal 72 ayat 2 dan Permendikbud No. 3Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajaroleh Pemerintahdan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan pasal 18

 

 

 

 

 

 

 

2

Target kelulusan yang akandicapaiolehsekolah

 

 

 

 

 

 

 

3

Uraian tentang program-program sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan

 

 

 

 

 

 

 

4

Uraian tentang program pasca ujian nacional sebagai antisipasi bagi peserta didik yang belum lulus ujian

 

 

 

 

 

 

 

8

PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP, mencantumkan:

 

 

 

 

 

 

 

1

Uraian tentang penerapan pendidikan kecakapan hidup

 

 

 

 

 

 

 

9

PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DAN GLOBAL

 

 

 

 

 

 

 

1

Uraian tentang penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal

 

 

 

 

 

 

 

2

Uraian tentang upaya sekolah menuju pendidikan berwawasan global

 

 

 

 

 

 

 

10

NILAI-NILAI KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN MADARASAH

 

 

 

 

 

 

 

 

Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kraetif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah AAir, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli lingkungan, Peduli Sosial dan Tanggung Jawab.

 

 

 

 

 

 

 

IV

KALENDER PENDIDIKAN, Mencantumkan:

 

 

 

 

 

 

 

A

Jam Efektif dan Pengaturan tentang permulaan tahun pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

B

Jumlah minggu efektif belajar satu tahun pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

C

Kegiatan Madrasah

 

 

 

 

 

 

 

D

Kalender Pendidikan Madrasah

 

 

 

 

 

 

 

V

PENUTUP

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

1

SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah

 

 

 

 

 

 

 

2

SK Kriteria Ketuntasan Minimal

 

 

 

 

 

 

 

3

SK Kriteria Kenaikan Kelas

 

 

 

 

 

 

 

4

SK Kriteria Kelulusan

 

 

 

 

 

 

 

5

SK Kalender Pendidikan Madrasah

 

 

 

 

 

 

 

6

SK Mutasi Siswa

 

 

 

 

 

 

 

7

SK Pembagian Tugas Guru dalm Kegiatan Pembelajaran, Bimbingan dan Ekstrakurikuler

 

 

 

 

 

 

 

8

SK Pemberlakuan Kurikulum Madrasah

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                  NILAI                         =      X 100 = ...............

Catatan/Komentar Umum  :                                        

1.   .............................................................................................................................................                                                                                            

2.   .............................................................................................................................................

                                                                                                         Tegal,   Juli    2019

 

Pengawas Madrasah,

       Validator,                                                                                   Kepala Madrasah,

 

 

 

 

--------------------------------------                                                         ------------------------------

                                                                                                         NIP. –

2 Responses to "contoh Instrumen Verifikasi /Validasi Dokumen Kurikulum"

  1. Great article with excellent idea!Thank you for such a valuable article. I really appreciate for this great information.. yurtdışında üniversite okumak

    ReplyDelete
silahkan berikan komentar yang membangun dengan kata-kata yang baik dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel