Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) PKn Kelas 8 SMP/MTs

Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) PKn Kelas 8 SMP/MTs

Penilaian Akhir Semester (PAS) dilakasanakan setiap Akhir Semester  Ganjil Maupun Semester Genap. Mata Pelajaran baik SMP dan MTS secaara umum sama hanya saja mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), di pecah menjadi beberapa mapel yang  di lebih spesifik.

Berikut mata pelajaran tingkat SMP/MTs Kelas 8:

Mata pelajarana Akidah Akhlak LIHAT

Mata Pelajaran Alqur’an Hadits LIHAT

Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam LIHAT

Mata Pelajaran Bahasa Arab LIHAT

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan LIHAT

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia LIHAT

Mata Pelajaran Bahasa Inggris LIHAT

Mata Pelajaran Matematika LIHAT

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam LIHAT

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial LIHAT

Mata Pelajaran Penjas Orkes LIHAT

Mata Pelajaran Seni Budaya LIHAT

Mata Pelajaran Prakarya LIHAT

Mata Pelajaran Bahasa Jawa LIHAT

 

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

1.   Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaam yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Peraturan tanam paksa diterapkan pada masa pemerintahan …..

a. Daendels                                                                

b. Raffles                                                       

c. Van Den Bosch

d. Idenbrug

2.       Tokoh yang mengilhamiparapendiriBoediOetomoadalah….

a. Dr.Wahidin Soedirohoesodo                                             

b.H.O.S. Tjokroaminoto                                

c. SoewardiSoerjaningrat

d. Soetomo

3.     Surat kabar dua Bahasa yaitu jawa dan melayu sebagai media menyebarkan gagasan nasionalisme dan Pendidikan yang didirikan oleh Wahidin Soedirohoesodo bernama …

a. De Express                                                 

b. RetnoDoemilah                                          

c. TjahayaTimoer

d. OetoesanHindia

4.   Setiap tanggal 20 Mei bagibangsa Indonesia diperingatisebagaihari ……

a. SumpahPemuda                                         

b. Pendidikan Nasional                                  

c. KebangkitanNasional

d. KesaktianPancasila

5.   Apa yang  telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong kebangkitan nasional 1908 akan makin berarti apa bila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu…..

a. Bekerja keras                                              

b. Bekerja cerdas                                            

c. tidak mengenal putus asa

d. menorehkan prestasi diberbagai bidang

6.       Salah satu ciri perjuangan sesudah tahun 1908 …..

a. Dipimpin  raja ataubangsawan                   

b. Bersifat kedaerahan                                   

c. dipimpin atau digerakan oleh kaum pelajar

d. bersifat kreatif dan sponta

7.       Penderitaan bangsa Indonesia menumbuhkan benih perlawanan diberbagai daerah. Perlawanan disumatera barat dilakukan oleh……

a. Tuanku Imam Bonjol                                             

b. PanglimaPolim                                           

c. Tenku Umar

d. Cut NyaDien

8.  Contoh sikap positip yang berkaitan dengan nilai – nilai kebangsaan yang terkandung dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah…

a. Memaksakansuatu agama ataukepercayaankepada orang lain

b. Membuatonardalammasyarakat

c. Melanggaraturanhukum yang berlaku

d. Menjunjungtingginilaikemanusian

9.       Modal utamauntuk tegaknya Negara KesatuanRepublik Indonesia adalah….

a. Persatuandankesatuan                                

b. Nasionalisme yang tinggi                           

c. Jiwa patriot bangsa

d. Membela kebenaran dan keadilan

10.     Berikut ini yang bukan merupakan semboyan  Ki Hajar Dewantoro didunia Pendidikan adalah..

a. Ing Ngarso Sung Tuladha              

b. Ing MadyaMangonKarsa                           

c. Tut WuriHandayani

d. Adigangadigungadiguna

11.     Berikut yang bukanmerupakanupayauntukmencapaitujuanBoediOetomoadalah….

a. Menge mbangkanpertanian ,peternakandanperdagangan

b. Menyesuaikansistempengajaran yang sesuaidengansistembelanda

c. Mengembangkansenidanbudaya

d. Menghidupkankembalidanmelestarikankebudayaan

12.     Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pad asaat yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantar kan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka ,bersatu ,berdaulat adil dan makmur. Bunyi pembukaan UUD 1945 alenia…

a. Satu                                                            

b. kedua                                                         

c. ketiga

d. keempat

13.     Saat ini sekolah kedokter anjawa (STOVIA) telah berubah nama menjadi sebuah fakultas kedokteran di salah perguruan tinggi Indonesia yaitu…

a. Universitas Indonesia                                 

b. UniversitasHasanudin                                

c. Universitas Gajah Mada

d. UniversitasAirlangga

14.     Yang bukan merupakan isi sumpah pemuda adalah…

a. Satutanah air, tanah air Indonesia              

b. Satubendara, benderamerahputih              

c.   Satubangsa, bangsa Indonesia

d.   Menjunjungbahasapersatuan, bahasa Indonesia

15.     Makna sumpah pemuda adalah….

a. Memperkukuhpersatuandankesatuan

b. Terusirnyapenjajahdaribumi  Indonesia

c. Indonesia sejajardenganbangsabangsa lain

d. Hapusnyakebodohandankemiskinanbangsa

16.     Perhatikan nama-nama berikut

            1) Soegondo Djojopoespito

            2) R. M. Djoko Marsaid

            3) Amir Syarifuddin

            4) WR. Supratman

            5) Senduk

            6) Johanes Leimena

            Yang menjadi panitia Kongres Pemuda II antara lain ditunjukkan nomor ….

a. 1, 2, 3, 4, dan 5                                          

b. 1, 2, 3, 5, dan 6                              

c. 2, 3, 4, dan 6

d. 3, 4, 5, dan 6

17.     Rumusan Sumpah Pemuda ditulisnya pada selembar kertas, ketika M. Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir kongres. Rumusan tersebut ditulis oleh ….

a. Soegondo Djojopoespito                

b. M. Tabrani                                      

c. Moehammad Yamin           

d. Amir Syarifuddin

18.     Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Kami putra dan putri Indonesia mengaku, bertumpah darah, yang satu, tanah air Indonesia

2) Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia

3) Kami putra dan putri Indonesia menjunjung Bahasa persatuan Bahasa Indonesia

4) Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia

Dari pernyataan tersebut isi teks Sumpah Pemuda ditunjukkan nomor ….

a. 2, 3, dan 4                          

b. 1, 2, dan 3                          

c. 1, 2, dan 4  

d. 1, 3, dan 4

19.     Kongres Pemuda II dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh penggagasnya yaitu ….

a. Perhimpunan Pelajar Indonesia                  

b. Perhimpunan Indonesia                 

c. Trikoro Dharmo

d. Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia

20.  Rapat pertama, Sabtu 27 Oktober 1928, M. Yamin menguraikan tentang arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut beliau, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah, kemauan, hukum adat ….

a. Bahasa dan pendidikan      

b. Bahasa dan lagu kebangsaan         

c. Bendera kebangsaan dan lambang negara

d. Bahasa dan bendera negara

21.  Aku merupakan tokoh pahlawan nasional Indonesia. Saat dieksekusi mati pada tanggal 5 September 1949 menolak untuk menutup mati, karena aku ingin melihat peluru penjajah menebus dadaku. Aku adalah ....

a. I Gusti Ngurah Rai                                     

b. Robert Wolter Mongonsidi

c. Chairil Anwar

d. Wage Rudolf Supratman

22.     Penciptalagu Indonesia rayaadalah…

a. W.R. Soepratman                                       

b. C. Simanjuntak                                          

c. Muhammad Tabrani

d. M.H Thamrin

23.     “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku  pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”. Kalimattersebutmerupakanpernyataandari Ir. Soekarno yang bermakna….

a. Perubahan yang dilakukan pemuda dapat dilihat dari apa yang dicontoh kan para orang tua

b. Kekuatan orangtu alah yang dapat memajukan sebuah Negara dari pada perubahan  yang dapat dilakukan pemuda

c.Bukanlah jumlah sepuluh pemuda melainkan penggambaran betapa dahsyat apa  yang bisa dilakukan pemuda dalam melakukan perubahan

d. Orang tua membantu, membimbing, mengarahkan, para pemuda, sedangkan pemuda hanya dapat melihat tanpa melakukan apapun

24.     Perhatikan pernyataan berikut

1)  Merusak, menyobek, menginjak-injak, membakarbenderaNegara

2)  Memakaibenderanegarauntukreklameatauiklankomersial

3)  Mengibarkanbenderanegara yang rusak, robek, luntur, kusutataukusam

4)  Mencetak, menyulam, menulishuruf, angkadangambar

5)  Mengibarkanbenderanegara di depangedungsekolah

Dari pernyataan tersebut, hal-hal yang dilarang dilakukan terhadap dengan bendera Negara adalah

a. 1, 2, 3, dan 5                                                             

b. 2, 3, 4, dan 5                                     

c. 1, 3, 4, dan 5

d, 1, 2, 3, dan 4

25.   Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah , untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak ….

a. Lembaran Negara                                                                           

b. Berita Negara                                             

c. Surat Kabar Sin Po

d. Surat Kabar Kompas


Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) PKn Kelas 8 SMP/MTs

26.     Perhatikan gambar berikut

 

 

 


Berdasarkan gambar tersebut jumlah bulu yang ada pada bagian ekor burung Garuda adalah ….

a. 8 helai                                 

b. 17 helai                               

c. 19 helai

d. 45 helai

 

27.     Tujuan para siswa menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk ….

a. Menanamkan nasionalisme                                     

b. Menanamkan patriotism                             

c. Menanamkan kebiasaan baik

d. Agar hafalsyairlagunya

28.     DalambukuEmpatPilarKehidupanBerbangsadanBernegara (2012) yang dijelaskanbahwa Indonesia berasaldaribahasalatin “Indusdannesos” yang artinya…..

a. India danpulau-pulau                        

b. Negara kepulauan                                         

c. Hindia Belanda

d. Nusantara

29.     Lahir di BlitarJawaTimur, 6 Juni 1901 danmeninggal di Jakarta 21 Juni 1970. AyahkubernamaRadenSoekemiSosrodiharjodanibukubernama Ida AyuNyomanRai, pernahmenjadiPresidenpertamaRepublik Indonesia. Siapakahtokoh yang dimaksudtersebut?

a. Megawati                                                                           

b. Soeharto                                                     

c. Moh. Hatta

d. Ir. Soekarno

30.     “Bangsa Belanda sebagai bangsa serakah yang telah menindas dan merampas kemerdekaan bangsa Indonesia”.

Pernyataantersebutterdapatpadabuku yang berjudul ....

a. Di BawahBenderaRevolusi                          

b. PenyambungLidah Rakyat                           

c. Indonesia Menggugat

d. Ku AntarKauKeGerbang

0 Response to "Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) PKn Kelas 8 SMP/MTs"

Post a Comment

silahkan berikan komentar yang membangun dengan kata-kata yang baik dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel